Breaking News

11 September 2017

Pengembangan Pendataan EMIS di Tahun Pelajaran 2017/2018

Assalaamu`alaikum Sahabat Hanapi Bani

Sedikit hari lagi kita akan kembali disibukan dengan Pendataan EMIS semester ganjil Tapel 2017/2018.

Namun perlu kami sampaikan sedikit informasi bahwa sebelum Aplikasi rilis dan Pendataan EMIS 2017/2018 dimulai, terlebih dahulu semua akun lembaga akan dinonaktifkan termasuk akun kab./kota jg ikut dinonaktifkan.
Selanjutnya admin kab./kota melakukan konfirmasi email, dan diaktifkan ulang oleh kanwil.

Setelah admin kab/kota aktif, giliran lembaga/madrasah melakukan konfirmasi dan diaktifkan kab./kota.
Ini utk menjaga akun ganda, sebab banyak lembaga yg adminnya sudah pindah, ada juga kasus 1 lembaga 2 adminnya, utk itu solusinya harus konfirmasi ulang, agar tdk membebani server.

Selain itu ada juga beberapa tambahan dan perubahan dalam proses Pendataan kali ini, perubahan tersebut adalah hasil dari evaluasi pendataan EMIS sebelumnya dan hasil Pengembangan dari Team Pengembang Emis Pusat.

Antara lain rencana tambahan dan perubahan yang akan muncul adalah sebagai berikut;

1. Emis ganjil 2017/2018 tidak pakai format excel lagi namun pola seperti aplikasi raport, database referensi hasil data genap 1617 diambil secara online lalu direstore ke aplikasi dekstop, lembaga cukup mengganti status siswa naik kelas atau tidak, lulus atau tidak serta mutasi.
Selanjutnya menginput siswa baru saja. selain itu juga melengkapi data lalu, yg sekiranya tidak di isi secara lengkap.

2. Bagi MI yg mendapat siswa baru dari TK, agar dicroscek lagi terkait NISN, karena info bahwa di TK sudah diterbitkan NISN agar tidak lagi diusulkan pada jenjang MI.

3. Mohon dicek lagi terkait NISN dan NISM siswa. jika ada kesalahan agar segera diperbaiki di semester ini, karena pola pendataan kedepan sudah tidak bisa diperbaiki lagi karena sistem database referensi online berbasis pendataan sebelumya

4. Mohon untuk mengecek dgn teliti tingkatan kelas siswa karena kedepannya tidak input lagi, tugas kita hanya menetapkan status naik kelas atau tidak, karena sering terjadi salah penempatan kelas dan jenis kelamin

5. Kedepannya emis akan online real time sehingga saat ada perubahan, lembaga langsung merubahnya dan otomatis perbaharui di server kanwil dan pusat.
Aplikasi emis juga akan terintegrasi dengan aplikasi raport sehingga lembaga akan langsung menginput absen dan semua nilai siswa dan pas akhir semester madrasah juga langsung mencetak raport siswa untuk dibagikan ke siswa.

6. Nantinya di aplikasi emis akan ada output berita acara yg digunakan untuk pencairan dana BOS tiap semester, jadi jumlah siswa di EMIS menjadi patokan pencairan dana BOS dan lembaga yg tidak selesaikan emis maka tidak bisa mencairkan dana bos.

7. Aplikasi emis juga akan dikembangkan seperti Dapodik yg seluruh pendataan terintegrasi dalam satu aplikasi yg tentunya butuh waktu.

Beberapa waktu lalu Team Emis Pusat telah melakukan Sosialisasi Rencana Pengembangan Emis Tahun 2017/2018, yang mana isi materi sosialisasi yg disampaikan oleh Bapak Denny Triantomo S selaku Team pengembang, antara lain sebagai berikut;

Cobalah cermati untuk mengetahui apa saja yg akan mengalami perubahan dan yg perlu dipersiapkan sebelum Aplikasi dan jadwal pendataan dirilis, yang Insyaallah akan rilis dalam waktu dekat ini.

Demikian sedikit informasi tentang Rencana Pengembangan Pendataan EMIS tahun 2017/2018 yang dapat kami berikan.

Semoga bermanfaat.
Jangan lupa bagikan info ini kepada sahabat lainnya jika ini diangap berfaat.
Semoga Allah membalas kebaikan sahabat dengan kebaikan lainnya.
0 Comments

Tidak ada komentar:

Translate

Artikel Terbaru

Link Delapan Pelatihan Di Pintar Kemenag Periode Daftar 22 - 24 April 2024, Pelaksanaan 25 - 29 April 2024.

السلام عليكم Ùˆ رحمة الله Ùˆ بركاته بسم الله Ùˆ الحمد لله اللهم صل Ùˆ سلم على سيدنا محمد Ùˆ على أله  Ùˆ صحبه أجمعين Salam Sahabat  Hanapi Ban...

Powered by BeGeEm - Designed Template By HANAPI